Sabtu, 27 Agustus 2016

Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami. Komedo seringkali muncul tanpa permisi, dan kehadirannya kerap menjengkelkan. Betapa tidak, komedo membuat tampilan wajah jadi kotor dan membuat make up yang diaplikasikan tidak bisa menempel sempurna. Ketimbang 'mengutak-atik komedo, sebaiknya hilangkan komedo menggunakan bahan-bahan alami berikut ini:
  • Tepung Maizena + Cuka
Campuran tepung maizena dan cuka bisa menjadi semacam pore pack yang dapat digunakan untuk mengangkat komedo, minyak dan sel-sel kulit mati yang terjebak di pori-pori wajah. Caranya, siapkan dua sendok tepung maizena. Tambahkan cuka secukupnya. Campur hingga membentuk pasta yang bisa dipakai sebagai masker wajah. Aplikasi masker tersebut pada wajah. Biarkan selama 15-30 menit. Bersihkan dengan waslap yang sudah dibasahi dengan air hangat. Oleskan pelembab sesuai dengan jenis kulit. Anda juga bisa mencampur tepung maizena atau tepung beras dengan jeruk nipis.
  • Madu Dan Kayu manis
Kulit berkomedo biasanya cenderung berminyak, sehingga mudah menyerap kotoran bila tidak dibersihkan. Apalagi jika ukuran pori-pori wajah tergolong besar, sehingga kotoran yang bercampur minyak akan terperangkap di dalamnya. Untuk menetralisir kondisi itu, gunakan madu dan kayu manis yang merupakan antiseptik. Caranya buat pasta dari campuran tiga sendok makan madu dan satu sendok teh kayu manis. Oleskan pada area yang bermasalah sebelum tidur dan biarkan semalaman. Esok harinya, basuh dengan air hangat. Lakukan setiap malam selama lebih kurang dua minggu. Ramuan ini akan menghilangkan komedo serta merawat kulit agar lebih sehat.
  • Pepaya Dan Mentimun
Vitamin dan mineral yang terkandung dalam pepaya dan mentimun sangat baik untuk merawat kulit berminyak, berjerawat dan berkomedo. Asal telaten, ramuan yang berasal dari bahan murah meriah ini bisa bisa membuat kulit bebas jerawat dan komedo. Caranya, ambil pepaya yang sudah dihancurkan sebanyak setengah cangkir, tambahkan seperempat cangkir mentimun yang sudah diparut  dan lima stroberi remas. Aduk merata, lantas tambahkan satu cangkir tepung beras atau tepung jagung dan perasan jeruk nipis, aduk kembali. Masukan ke dalam lemari pendingin selama 30 menit dan oleskan ke area wajah, leher, punggung, dada dan area yang bermasalah lainnya. Biarkan selama 30 menit, bilas hingga bersih.
  • Putih Telur
Putih telur sejak lama direkomendasikan untuk menghilangkan komedo. Konsistensinya yang cukup pekat akan melekat erat pada kulit, sehingga akan mengangkat komedo serta kotoran yang ada di permukaan kulit. Caranya, kocok satu butir putih telur, oleskan ke area wajah yang berkomedo, dan biarkan mengering. Gosok perlahan untuk merangsang kotoran agar terangkat. Bilas dengan air hangat, gosok kembali. Terakhir, bilas wajah dengan air dingin. Lakukan dua kali seminggu agar hasilnya efektif.
  • Kulit Jeruk + Yogurt
Kulit jeruk mengandung vitamin C sangat tinggi, yang sudah dapat membantu menghilangkan komedo. Ditambah dengan yogurt, kedua bahan ini bisa membantu membersihkan kotoran, mengurangi minyak di kulit wajah. Caranya dengan membuka pori-pori wajah yang tersumbat, kemudian mengeluarkan isinya, dan menutupnya kembali. Caranya, ambil dua sendok makan bubuk kulit jeruk, tambahkan empat sendok makan yogurt. Campur hingga merata dan menjadi pasta kental. Oleskan pasta tersebut keseluruh wajah yan berkomedo. Gosok sebentar dengan gerakan melingkar secara lembut. Bilas dengan air dingin. Lakukan perawatan tersebut secara rutin seminggu sekali untuk mencegah pori-pori tersebut, dan menjaga kulit tetap bersih dan sehat.
  • Baking Soda
Menghilangkan komedo juga bisa dilakukan menggunakan baking soda. Caranya, siapkan dua sendok teh baking soda dalam sebuah baskom. Campur dengan tiga gelas air mendidih. Aduk merata. Masukkan handuk atau kain lembut ke dalamnya, tunggu hingga handuk menjadi hangat, lantas gunakan handuk tersebut untuk mengompres wajah yang berkomedo. Ulangi lima sampai enam kali sehari, agar komedo benar-benar bersih.
PERHATIAN!
  • Komedo disebabkan oleh kotoran yang menumpuk di kulit wajah, dan bila bercampur dengan minyak yang dikeluarkan keringat, akan menyumbat pori-pori kulit. Karena itu, rajin-rajinlah membersihkan wajah, paling tidak dua kali sehari.
  • Jangan menyentuh wajah dengan tangan yang tidak bersih.
  • Jangan memaksa mengeluarkan komedo, apalagi menggunakan alat-alat yang tidak steril!. Sebab, itu justru akan menyebabkan terjadinya infeksi dan membesarnya pori-pori wajah.
  • Minimalkan penggunaan make up. Terutama bila kulit Anda tergolong sensitif dan berminyak. Misalkan, menggunakan pelembab atau pewarna bibir. Hindari pemakaian eyeshade dan foundation setiap saat. Bahan-bahan kosmetik yang tidak sesuai dengan kulit akan menjadi pemicu utama timbulnya komedo.